Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci 1 tabung kita selalu mengalirkan air dan deterjen secara teratur, apakah itu berarti bersih? belum tentu.

cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

Seperti peralatan rumah tangga lainnya, mesin cuci Anda perlu dibersihkan secara menyeluruh agar dapat bekerja maksimal lebih lama.

Jika tidak, jamur dan lumut dapat tumbuh di celah-celahnya yang lembab, menyebabkan mesin dan cucian Anda berbau.

Sebagai aturan praktis, bersihkan secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali tergantung pada kebiasaan mencuci Anda.

Baik untuk mesin cuci bukaan depan atau bukaan atas, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan mesin cuci 1 tabung dari Electrolux Indonesia berikut.

Persiapan sebelum membersihkan mesin cuci

Prosesnya, rata-rata, akan memakan waktu sekitar tiga jam, tetapi sebagian besar hanya menunggu siklus selesai.

Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • Kain serat mikro
  • Air sabun hangat
  • Kuas kecil
  • Botol semprotan

Pembersih mesin cuci. Ini adalah pilihan terbaik Anda karena diformulasikan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu tanpa menyebabkan kerusakan pada peralatan Anda.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan

Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

Jalankan siklus normal dengan air panas untuk membersihkan drum

Pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal di dalam sebelum Anda mulai. Ikuti petunjuk pembersih mesin cuci yang Anda miliki. Mereka mungkin berbentuk tablet, bubuk, atau cairan yang harus Anda masukkan langsung ke dalam tabung atau dispenser deterjen Anda.

Anda kemudian dapat menjalankan mesin cuci bukaan depan pada siklus normal dengan air panas. Beberapa mesin cuci Electrolux juga memiliki program pembersihan khusus seperti Tub Clean atau Clean Washer. Saat siklus berakhir, bersihkan tabung sehingga tidak ada residu yang tersisa.

Cabut mesin cuci dan biarkan air mengalir keluar dari saluran pembuangan dan filter

Air mungkin terkumpul di saluran pembuangan dan filter Anda, berpotensi menyimpan kuman. Saat siklus selesai, cabut steker mesin Anda, lalu cari panel kecil di bagian depan bawahnya. Siapkan handuk atau nampan di bawahnya untuk menampung air. Buka panel dan buka dial secara perlahan untuk mengontrol air saat mengalir keluar.

Gosok filter pompa dengan sikat kecil

Buka tutupnya sepenuhnya, periksa filter dan saluran pembuangan, lalu singkirkan benda asing yang menyumbatnya seperti serat kain atau benda yang terlupakan dari saku. Jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan getaran yang berlebihan dan waktu siklus yang lama. Bersihkan filter melalui air hangat dan gosok dengan sikat kecil.

Cara membersihkan filter mesin cuci

Semprotkan air sabun panas untuk membersihkan gasket dan pintu mesin cuci

Bagi pemilik mesin cuci front load, penting juga untuk mengetahui cara membersihkan karet mesin cuci bukaan depan dengan cara yang benar.

Residu sabun dan air dalam karet pintu dikombinasikan dengan lingkungan hangat di dalam mesin Anda, adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur dan bau.

Meskipun pembersih mesin cuci seharusnya sudah membersihkannya, sebaiknya periksa lagi. Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, semprotkan air sabun panas pada gasket, tarik perlahan lipatan agar benar-benar masuk, lalu lap dengan kain bersih. Sertakan juga bagian dalam pintu.

Cara membersihkan segel karet pintu depan pada mesin cuci

Keluarkan dispenser detergen dan gosok semua residu dengan air sabun hangat

Seiring berjalannya waktu, deterjen dapat menumpuk di celah-celah dispenser Anda, menyebabkan penyumbatan. Untuk membersihkannya, lepaskan laci secara perlahan. Satu baki panjang harus mudah dikeluarkan. Pisahkan semua sisipan yang dapat dilepas, dan rendam dalam air sabun hangat. Gosok semua residu untuk memastikannya bersih, lalu lap hingga kering. Sebelum mengembalikannya, gunakan sikat atau kain untuk memastikan rongga laci bebas dari residu bedak.

Akhiri dengan membersihkan bagian luar mesin cuci

Akhiri dengan menyeka bagian luar mesin dan kontrol menggunakan kain lembab. Sekarang mesin Anda bersih luar dan dalam.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas

Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

1. Bersihkan tabung mesin cuci dengan menjalankan siklus normal dengan air panas

Periksa apakah ada barang yang terlupakan tertinggal di dalam. Cukup ikuti instruksi dari pembersih mesin cuci. Kemungkinan besar, Anda harus memasukkannya langsung ke dalam tabung. Anda kemudian dapat mengatur mesin Anda ke siklus normal dengan air panas.

Berikut adalah instruksi khusus untuk pemilik mesin cuci bukaan atas Electrolux. Pada Mesin Cuci Top Load EliteCare 700, gunakan program Tub Clean khusus sebagai gantinya. Ini dengan cepat memutar drum untuk membentuk jet air bertekanan tinggi, secara efektif menghilangkan semua residu.

Anda mungkin melihat air menjadi kotor. Itu karena penumpukan kotoran di bawah drum bagian dalam. Biarkan mengalir dan bersihkan bak mandi untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa.

2. Lepaskan dispenser detergen & rendam dalam air sabun hangat

Geser perlahan dari dispenser deterjen lalu rendam dalam air sabun hangat. Gosok perlahan sehingga tidak ada residu yang tersisa. Sikat juga bagian dalam kompartemen laci.

3. Bersihkan tepi dan bagian dalam pintu mesin cuci Anda

Dengan menggunakan air sabun hangat, gosok di sekitar tepi dan bagian dalam pintu mesin. Jika mesin cuci bukaan atas Anda memiliki agitator, bersihkan juga bagian atasnya. Area ini akan memiliki lebih sedikit kotoran karena air biasanya menetes ke bawah. Bilas dengan air setelahnya.

4. Lap bagian luar mesin cuci Anda dengan kain mikrofiber lembap

Jangan lupakan bagian luar mesin Anda. Seka kontrol dan bagian lainnya menggunakan kain mikrofiber basah untuk menghilangkan debu, kotoran, dan tetesan produk cucian. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bahan kimia keras atau bahan abrasif apa pun untuk mempertahankan lapisannya.

5. Mesin bersih menghasilkan pakaian bersih

Sekarang Anda tahu cara membersihkan mesin cuci otomatis. Kuncinya adalah memilih mesin cuci dengan fitur self-cleaning seperti mesin cuci Electrolux top load EWT2H88M1SB 12.5kg dari seri UltimateCare 300 kami dengan fitur Tub Clean. Mesin cuci front load lainnya juga menambahkan lapisan kebersihan ekstra seperti mesin cuci Electrolux front load EWF1142Q7WB 11kg dari seri UltimateCare 700 dengan HygienicCare yang menghilangkan 99,9% kuman di pakaian.

Tips tambahan agar mesin cuci tetap wangi lebih lama

Ikuti tips mudah berikut agar wangi segar lebih tahan lama pada pakaian kesayangan Anda:

Sebelum mencuci, periksa pakaian Anda dengan teliti sebelum memasukkannya ke dalam untuk mengeluarkan koin, tisu, atau kertas yang terlepas dari saku. Singkirkan kotoran berlebih dari pakaian yang sangat kotor.

Setelah siklus selesai, segera keluarkan pakaian.

Setelah dicuci, segera bersihkan karet pintu, dan biarkan pintu dan laci terbuka untuk mengeringkan bagian dalam dan mencegah jamur dan bau.

Sesekali gunakan bubuk pelunak air untuk memperlambat pembentukan kerak kapur.

Gunakan hanya deterjen dan pelembut dalam jumlah yang tepat untuk cucian Anda. Jika tidak, Anda berisiko merusak pakaian dan meninggalkan lebih banyak residu di dalam tabung. Sebagian besar mesin cuci Electrolux memiliki fitur Dosis Otomatis yang membantu Anda mengukur berdasarkan beban sehingga Anda melakukannya dengan benar setiap saat.

Semoga postingan dari Electrolux Indonesia ini dapat memberikan tips-tips bermanfaat untuk Anda tentang cara membersihkan mesin cuci Anda, baik itu front load maupun top load. Mengetahui cara menggunakan mesin cuci Anda dengan benar dan menjaganya selalu bersih & higienis adalah kunci untuk membuat mesin cuci Anda bertahan lebih lama dan juga membutuhkan lebih sedikit perbaikan. Kunjungi situs web kami untuk mendapatkan saran ahli lainnya untuk merawat peralatan rumah tangga Anda dengan lebih baik.

Demikian cara membersihkan mesin cuci 1 tabung.

Posting Komentar untuk "cara membersihkan mesin cuci 1 tabung"