Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebab Mesin Motor Cepat Panas

Sebab Mesin Motor Cepat Panas

Apa saja sebab mesin Motor cepat panas? Artikel ini menjelaskan beberapa faktor penyebabnya.

mesin motor cepat panas

Biasanya, motor baru pada awalnya memiliki performa yang mantap dan bertenaga serta tidak cepat panas. Jika tidak bisa complaint ke dealer.

Namun untuk motor yang telah lama digunakan, pasti bakal ada penurunan performa pada beberapa bagian.

Hal ini wajar, tetapi bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja, karena masalah tidak selalu disebabkan dari efek usia motor.

Misalnya saja jika kondisi motor cepat panas atau overheat, yang bisa terjadi karena perawatan yang kurang tepat.

Panas yang berlebihan pada mesin sepeda motor adalah peningkatan suhu di atas batas normal yang terjadi pada komponen tersebut.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Mulai dari kualitas oli, sirkulasi oli, hingga hilangnya fungsi pendinginan pada komponen mesin motor tersebut.

Agar masalah ini tidak terjadi, ada beberapa faktor penyebab yang sebenarnya bisa diantisipasi.

Tidak Mengganti Oli secara Berkala

Penyebab utama motor cepat panas adalah kondisi oli yang sudah tak layak pakai. Biasanya, oli yang kotor ini terjadi karena Anda telat mengganti oli motor atau lupa tidak menggantinya secara berkala. Inilah yang kemudian menyebabkan kualitas oli di dalam mesin jadi kurang baik. Alhasil, kinerja mesin jadi terhambat.

Anda sangat disarankan untuk mengganti oli sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan oli yang sesuai saja tidak cukup, Anda juga sebaiknya menggunakan bahan bakar terbaik yang bisa didapatkan di SPBU Pertamina terdekat seperti Pertamax Turbo atau Pertamax. Untuk mengetahui SPBU Pertamina terdekat, Anda dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone. Bukan hanya mendapat produk berkualitas untuk motor kesayangan, harga BBM Pertamina juga sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

Terjadi Masalah pada Sensor Suhu

Salah satu keunggulan dari motor keluaran terbaru adalah penggunaan komponen sensor suhu bernama Engine Coolant Temperatur. Komponen ini berperan untuk menginformasikan suhu pada ECU yang kemudian, mendinginkan mesin sepeda motor.

Karenanya, ECU yang mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebab mesin motor overheat. Tidak ada salahnya untuk melakukan servis berkala pada bagian ini supaya sepeda motor bisa digunakan secara normal dan optimal.

Sirkulasi Oli yang Kurang Baik

Bagi Anda pecinta otomotif, sudah pasti tak asing jika mendengar istilah oil coolant. Oil coolant nyaris serupa dengan radiator motor yang berfungsi sebagai pendingin oli pada mesin yang mengalami overheating.

Inilah sebabnya, sirkulasi oli yang kurang baik kerap menjadikan mesin jadi lebih cepat panas. Dengan tidak bekerjanya sirkulasi oli pada mesin, juga menghambat proses pendinginan mesin sehingga suhu meningkat lebih cepat.

Penggunaan Oli Mesin yang Kurang Cocok

Pada dasarnya, setiap oli mesin dibuat dengan standar khusus. Standardisasi tersebut ternyata memiliki alasan dan tujuan tertentu. Salah satunya supaya mesin motor dengan jenis oli tersebut tidak cepat panas.  Pun sebaliknya, jika Anda menggunakan oli motor yang tidak direkomendasikan oleh pabrikan pasti menjadikan kondisi pada mesin tersebut lebih cepat panas. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan oli sesuai standardisasi mesin.

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, sementara kualitasnya Anda abaikan. Selisih harga antara satu merk oli dengan lainya bisanya tidak terlalu banyak. Jadi pastikan Anda memilih yang terbaik sesuai rekomendasi pabrik.

Pengaturan Bahan Bakar Motor yang Terlalu Irit

Penyebab lain mesin motor cepat panas adalah kesalahan pengaturan bahan bakar sehingga terlampau irit. Umumnya, pengaturan semacam ini dilakukan di bagian karburator. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengatur beberapa sekrup setelah stationer yang ada di bagian karburator supaya lebih dekat ke arah brebet.

Itulah beberapa penyebab motor cepat panas sekaligus solusi yang bisa dicoba terapkan agar kendaraan bisa Anda gunakan dengan nyaman.

Penutup

Demikian artikel dari ngadriyanto.com mengenai Sebab Mesin Motor Cepat Panas.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

  • berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Sebab Mesin Motor Cepat Panas"