Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Helikopter Militer Terbesar di Dunia

Helikopter Militer Terbesar di Dunia

Apa saja Helikopter Militer Terbesar di Dunia? Mari kita simak bersama.

Pada umumnya, helikopter tidak digunakan dalam penerbangan komersial.

Biasanya, helikopter digunakan untuk mengangkut orang dan barang ke atau dari komunitas terpencil.

Kenyataannya, helikopter telah menjadi bagian penting dari armada militer global.

Dengan memanfaatkan helikopter, tentara dapat melakukan serangan udara, serangan udara, evakuasi medis, dan misi lainnya.

Hal ini akan sulit dilakukan tanpa kemampuan pendaratan pendek yang dimiliki helikopter.

Namun demikian, daftar berikut ini mengeksplorasi helikopter militer terbesar yang saat ini dalam produksi aktif, diurutkan berdasarkan berat lepas landas maksimum (MTOW).

Oleh karena itu, beberapa helikopter yang masih digunakan tetapi tidak lagi dibuat oleh pabrikan, maka tidak ada didalam daftar ini meskipun mampu membawa muatan lebih besar.


Mi-38

Helikopter ini mulai beroperasi pada bulan Desember 2019, dan diproduksi sejak tahun 2003, memiliki berat lepas landas maksimum: 34.392 pon (15.600 kilogram)

Mi-38 adalah salah satu produk terbaru industri dirgantara Rusia, yang mendapat sanksi berat akibat invasi negara tersebut ke Ukraina.

Namun demikian, helikopter tersebut telah dikembangkan sejak awal tahun 2000an, lebih dari satu dekade sebelum Rusia memulai perang proksi melawan Ukraina di bagian timur negara tersebut.

Mi-38
gambar Mi-38 dari Russian Helicopters

Menurut Russian Helicopters, Mi-38 merupakan pesawat multiperan yang dapat mengangkut kargo dan penumpang, termasuk VIP, serta digunakan sebagai helikopter pencarian dan penyelamatan.

Helikopter berukuran sedang ini dikembangkan dengan menggabungkan praktik terbaik pengoperasian helikopter tipe Mi, seperti yang dibaca dalam brosur Mi-38.


Boeing CH-47 Chinook Blok II

Helikopter ini mulai beroperasi pada tahun 2020 (Blok II), dan diproduksi sejak tahun 2003, memiliki berat lepas landas maksimum: 34.392 pon (15.600 kilogram)

Boeing CH-47 Chinook Block II
gambar Boeing CH-47 Chinook Block II dari VanderWolf Images (Shutterstock)

Meskipun Boeing Ch-47 Chinook pertama mulai terbang pada tahun 1960-an, helikopter tersebut masih diproduksi hingga saat ini.

Menurut pengumuman yang dikeluarkan oleh pabrikan pada bulan Juli 2023, mereka mulai melakukan transisi dari pesawat Blok I ke Blok II.

Dan menyelesaikan transisi tersebut setelah menyelesaikan pesanan untuk pesawat Blok I pada tahun 2027.

Namun, pengumuman helikopter Blok II datang pada bulan Juli 2017, setelah pembuat pesawat tersebut menerima kontrak senilai $276 juta dari Angkatan Darat Amerika Serikat.

Pada saat itu, Boeing merinci bahwa drivetrain yang ditingkatkan akan mentransfer tenaga yang lebih besar dari mesin ke bilah rotor yang dirancang baru.

Yang dirancang untuk mampu mengangkat beban tambahan sebesar 1.500 pon (680,3 kilogram).

Boeing mengirimkan Chinook Block II generasi berikutnya yang pertama ke Komando Operasi Khusus AS (SOCOM) pada September 2020.

Secara total, SOCOM telah memesan 24 helikopter pada saat itu, dan pengiriman tersebut menandai langkah penting untuk program tersebut.


Bell Boeing V-22 Osprey

Helikopter ini mulai beroperasi pada bulan Juni 2007, dan diproduksi sejak tahun 2005 (produksi tingkat penuh), memiliki berat lepas landas maksimum: 60.500 pon (27.442 kilogram)

Bell Boeing V-22 Osprey
gambar Bell Boeing V-22 Osprey dari viper-zero (Shutterstock)

Bell, salah satu produsen V-22, mencatat bahwa ini adalah satu-satunya tiltrotor aircraft yang diproduksi di dunia.

Yang menggabungkan kemampuan angkat vertikal helikopter dengan kecepatan, jangkauan, dan kemampuan manuver sebuah pesawat.

Brosur pabrikan juga merinci bahwa V-22 Osprey memiliki tiga bobot lepas landas maksimum (MTOW) yang berbeda:

  • vertikal (52.600 lbs (23.859 kg)),
  • pendek (57.000 lbs (25.855 kg)), dan
  • self-deploy (60.500 lbs (27.443 kg))


Sikorsky CH-53K King Stallion

Helikopter ini mulai beroperasi pada bulan April 2022, dan diproduksi sejak bulan Agustus 2023 (produksi tingkat penuh), memiliki berat lepas landas maksimum: 88.000 pon (39.916 kilogram).

gambar Sikorsky CH-53K King Stallion dari Lockheed Martin

Salah satu helikopter terbaru, Sikorsky CH-53K King Stallion, adalah versi terbaru dari pesawat CH-53, yang ditingkatkan oleh Sikorsky, anak perusahaan Lockheed Martin menjadi CH-53K.

Menurut pabrikannya, helikopter tersebut dibuat sesuai spesifikasi yang diminta oleh Korps Marinir AS (USMC), yang berfungsi sebagai penghubung logistik darat dan laut cabang layanan tersebut.

Ketika Sikorsky mengirimkan dua CH-53K King Stallion ke USMC pada Februari 2023, pihak pabrikan mengatakan bahwa Angkatan Laut AS (USN) mengumumkan produksi penuh helikopter tersebut pada Desember 2022.

Menurut Institut Angkatan Laut AS (USNI), CH-53K King Stallion memasuki produksi tingkat penuh pada Agustus 2023.

Meski begitu, Lockheed Martin menggambarkan Sikorsky CH-53K King Stallion sebagai helikopter paling kuat di dunia.

Karena pesawat tersebut mampu membawa Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) atau bahkan Light Armored Vehicle (LAV).


Mil Mi-26

Helikopter ini mulai beroperasi pada tahun 1983, dan diproduksi sejak tahun 1980, memiliki berat lepas landas maksimum: 123.459 pon (56.000 kilogram)

gambar Mil Mi-26 dari Aeroprints.com (Wikimedia Commons)

Russian Helicopters, anak perusahaan Rostec, yang juga memiliki United Aircraft Corporation (UAC), menggambarkan Mi-26T sebagai helikopter produksi terbaik di dunia dalam hal kapasitas muatannya.

Dan memang benar, dengan MTOW Mil Mi-26 adalah 123,459 lbs (56,000 kg).

Brosur pabrikan mengenai helikopter tersebut menyatakan bahwa Mi-26 yang diproduksi secara massal pertama mengudara pada bulan Oktober 1980.

Mi-26 terus beroperasi hingga hari ini, termasuk dua varian terbarunya: Mi-26TS, yang digunakan oleh Tiongkok, dan Mi-26T2.

Yang terakhir adalah versi terbaru dari pesawat ini, dengan peningkatan avionik terbaru, autopilot digital, dan sistem navigasi baru.

Untuk diketahui, tidak ada Mi-26 yang ditembak jatuh selama perang di Ukraina ketika Rusia menginvasi negara itu pada Februari 2022.


Penutup

Demikian artikel mengenai Helikopter Militer Terbesar di Dunia, jika ada pertanyaan atau saran untuk kami dapat disampaikan melalui kolom komentar.


Baca artikel lain :


            Sumber referensi :

          • Aeroprints.com
          • wikimedia.com
          • Lockheed Martin
          • Shutterstock
          • Russian Helicopters
          • simpleflying.com


          • Posting Komentar untuk "Helikopter Militer Terbesar di Dunia"