Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin PGM-FI

Mesin PGM-FI

PGM-FI atau Programed Fuel Injection merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.

Mesin PGM-FI

Emblem PGM-FI menempel di beberapa bagian sepeda motor Honda.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Honda punya teknologi yang mampu menjaga kualitas udara.

Pembagian Mesin PGM-FI

Sistem PGM-FI dapat dibagi menjadi 3 sub-sistem, yaitu :

1. Sistem pemasukan udara (air intake), sistem ini mengontrol volume udara yang disuplai ke mesin.

2. Sistem suplai bahan bakar, sistem ini mengirim bahan bakar yang telah diatur dan ditekan injektor.

3. Sistem kontrol, sistem ini menggunakan ECM (Engine Control Module) untuk mengontrol volume bahan bakar dan waktu penginjeksian berdasarkan sinyal dari berbagai sensor.

Fungsi PGM-FI

Adanya PGM-FI ini akan membuat sepeda motor mempunyai performa yang ramah lingkungan, irit bahan bakar.

Namun tidak mengurangi performa, karena perbandingan antara suplai bahan bakar, udara dan pengapian di kontrol oleh sensor elektronik.

Kelebihan PGM-FI

PGM-FI memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

1. Ramah lingkungan. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter mampu menekan gas buang dan menekan emisi hingga 90% sesuai dengan standar EURO 3, ini menjaga udara tetap bersih.

2. Irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar lebih hemat 17% yang didapat melalui teknologi yang mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen.

3. Bertenaga. Pengaturan kinerja mesin yang terprogram memberikan akselerasi yang lebih responsif.

4. Mudah dihidupkan. Mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi dan suhu udara, ketinggian dari permukaan laut, dan bahkan setelah lama tidak dihidupkan sekalipun.

5. Perawatan mudah. Didukung oleh Malfunction Indicator Lamp (MIL) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu, sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah.

Sejarah Mesin PGM-FI

Berbicara tentang PGM-FI, ada baiknya untuk mengetahui sejarah dikembangkannya teknologi ini.

Pada mulanya teknologi PGM-FI dikembangkan awal tahun 1980-an yang diterapkan untuk mobil-mobil pabrikan Honda.

Namun tak lama kemudian, Honda juga merilis sepeda motor Honda CX500 dan Honda CX650 dengan fitur turbocharged dengan keduanya mengusung teknologi PGM-FI.

Teknologi yang sudah mengantongi EURO 3 ini digunakan Honda Co. Ltd. sejak 1993 dalam ajang balap bergengsi GP500 lewat motor sport legendaris Honda NSR500V.

Namun kala itu mesin balap dengan tipe 2 stroke dirubah dengan tipe 4 stroke sesuai regulasi balap, dan teknologi ini pun disematkan pada Honda RC211V hingga sekarang.

Dengan injeksi PGM-FI, proses pembakaran menjadi lebih presisi, bahan bakar terbakar sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang besar.

Mesin PGM-FI Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, kehadiran teknologi PGM-FI muncul pertama kali di tahun 2005 kala PT. Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan Honda Supra X 125 PGM-FI.

Hadirnya motor ini seakan menjadi awal kepunahan sepeda motor dengan sistem karburator.

Penutup

Demikian artikel dari ngadriyanto.com mengenai Mesin PGM-FI.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

  • berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Mesin PGM-FI"