Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Honda Tiger di Indonesia

Sejarah Honda Tiger di Indonesia

Honda Tiger adalah salah satu jawara Motor Sport legendaris dengan mesin 200 cc dari pabrikan PT Astra Honda Motor yang hampir 20 tahun beredar di Indonesia.

Sejarah Honda Tiger di Indonesia

Berikut akan kita ulas mengenai Sejarah Honda Tiger yang terdiri dari varian Tiger 2000, Tiger Revo dan Tiger Picek sejak pertama diluncurkan hingga Stop Produksi pada 2014.

Sejarah Honda Tiger 2000

Pada era 90 an, Honda Tiger 2000 merupakan Motor Gagah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Awal munculnya Sepeda Motor Honda Tiger terlihat cukup besar dimensinya, apalagi didukung mesin berkapasitas 200 CC yang merupakan pengembangan dari GL Pro Neotech.

Honda Tiger generasi pertama 1993 sampai 2006

Pertama meluncur pada tahun 1993 dengan nama Tiger 2000, Motor bergenre Neo Klasik ini mengusung basic mesin GL Pro Neotech.

Desainya kalem dengan aksen membulat dan bongsor dengan Body tersambung dari Tanki, Body tengah dan belakang menyatu.

Headlamp dan Speedometer model bulat , lampu belakang mengkotak, knalpotnya besar Stainless dan dudukan Footstep belakang berbahan besi cor.

Behel belakang model pipa terpisah kanan kiri, Tanki besar dengan Shroud yang menambah kesan gagah dan akhirnya menjadi Trend.

Tulisan Tiger 2000 berukuran besar pada Striping hadir pada tanki berkapasitas 13,2 Liter sebagai identitas motor Super Cruiser ini.

Hanya tersedia tipe Spoke Wheel atau jari-jari dengan rem depan Cakram dan belakang Tromol dengan warna mesin Abu-abu.

Kemudian pada tahun 1997, Stiker Tiger 2000 pada tanki diganti dengan Emblem serta tersedia pilihan Velg Racing palang 6.

Dibekali dengan Mesin 4 langkah OHC berkapasitas 196,9(2000) cc sistem pengkabutan bahan bakar karburator dengan pendingin udara.

Memiliki Power Max 17PS @8.5000 rpm serta Torsi Max 1.6kgf.m @7.000rpm yang disalurkan melalui transmisi kopling manual 6 percepatan 1-N-2-3-4-5-6.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser 2002 – 2006

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser hadir pada tahun 2002 dengan desain dan mesin tetap tanpa perubahan yang signifikan.

Hanya mendapat update beberapa detail saja serta permainan warna dan desain stripe mendapat sentuhan baru.

Reflektor Headlamp model Diamod Cut, lampu belakang dua bohlam dan behel belakang sudah menyatu, serta tersedia tipe Velg Castwheel.

Generasi ini berakhir pada tahun 2006, kemudian digantikan versi terbaru sebagai penerusnya.

Honda Tiger Revo 2006 sampai 2013

Pada 2006 All New Honda Tiger lahir dengan ubahan total desain, jargonya “Revolution Cruiser” dan dikenal sebagai Tiger Revo.

Desainya Revolusioner banget untuk saat itu, selain gagah dan kekar motor ini menjadi idaman setiap pejantan yang berduit.

Headlamp Bulat dengan mini visor, desain tanki berubah Shroudnya terlihat modern dan gagah, Body tengah belakang perpaduan membulat dan runcing.

Lampu belakang mengikuti desain Body, Knalpot model baru besar bercover Chrome, Blok mesin warna hitam karbon serta Behel model tanduk.

Dibekali Pengaman kunci kontak bermagnet, untuk Type CW velg palang tiga dengan Rem Double Disc serta Shockbreaker belakang model tabung.

Sedangkan tipe Jari jarinya Rem depan saja yang Cakram serta Shock belakang tanpa tabung Resevoir oil.

Honda Tiger Picek 2008 – 2010

Tahun 2008 meluncur Tiger New Revolution Cruiser dengan jargon “Legendary Ride New Spirit” dengan ubahan pada beberapa titik.

Headlamp model Asymetris yaitu bulat dan persegi kecil dengan visor atau Head protector menyesuaikan, speedometer, Cover knalpot mendapat sentuhan baru.

Shroud juga lebih futuristik meruncing serta lampu belakang perpaduan Bohlam dan LED, produksinya hanya sampai 2010 saja.

Hanya tersedia dalam satu varian dan dikenal sebagai Honda Tiger Picek, kemudian digantikan versi terbarunya.

Honda Tiger Lampu Bulat dan Tiger Picek 2010 – 2012

Pada tahun 2010 Tiger kembali menghadirkan versi lampu Bulat yang sebelumnya absen, karena tak semua konsumen menyukai lampu Asymetris ini.

Jadi tersedia dalam 2 pilihan yaitu Tiger Lampu Bulat dan Tiger lampu Asymetris atau Tiger picek membuatnya memiliki banyak varian.

Selain itu desain stripe dan pilihan warnanya juga baru lebib fresh dan modern.

Pada tahun 2012 Honda Tiger kembali mendapat penyegaran tampilan dengan permainan desain Striping dan warna baru.

Tapi kali ini hanya tersedia dalam satu varian lampu bulat saja, untuk lampu model Asymetris di stop produksinya.

Model ini merupakan generasi terakhir sekaligus sebagai Penghormatan atas kesetiaan dan kepercayaan konsumen pecinta Tiger yang cukup masiv saat itu.

Pada tahun 2013 Honda Tiger resmi stop Produksi tanpa penerus dan pamit dari pasar Motor Indonesia Dengan nama yang melegenda serya harum dihati Konsumen Loyalnya, genap sekitar 20 tahun mengaspal di Indonesia.

Honda Tiger Generasi terakhir 2012 – 2014

Motor Sport Touring ini mengusung mesin upgrade warisan GL Series yaitu 4 langkah OHC berkapasitas 196,9(200)cc System Karburator berpendingin udara.

Memiliki Power Max 16,46HP @8.500rpm serta Torsi Max 1.60kgf.m @7000rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan 1-N-2-3-4-5-6.

Penutup

Demikian artikel dari ngadriyanto.com mengenai Sejarah Honda Tiger di Indonesia.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

  • berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Sejarah Honda Tiger di Indonesia"