Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suzuki TRS

Suzuki TRS

Sepeda motor Suzuki TRS adalah jenis motor sport mesin 2 tak buatan Suzuki Motor Indonesia yang pernah menjadi primadona pada masanya.

Suzuki TRS

Motor Sport 2 tak dari pabrikan Jepang Suzuki ini lahir pada tahun 1980 an, yang kemudian disusul Suzuki TRZ sebagai penerus Suzuki GP100 dan GP125.

Perbedaan dari TRS adalah pada mesin yang memiliki kapasitas 118cc, sedangkan TRZ 125cc dengan batok lampu khas motor sport Suzuki saat itu yaitu Katana.

Pada era tahun 1990 an, TRS pernah menjadi motor operasional bagi sebagian PNS di Indonesia.

Motor Sport 2 tak seperti TRS X2 yang diproduksi diatas tahun 1990 sudah memiliki aura Sporty modern dengan aksen mengkotak.

Desain Suzuki TRS

Desain tanki terlihat besar memanjang dan menyambung dengan cover body samping, bahkan joknya berbentuk mengkotak namun empuk.

Lampu belakang dan depan mengkotak dengan cover dan ada Windshield yang menambah kesan gagah, Speedometer memiliki tachometer dan indikator posisi gigi.

Namun tanpa ada indikator BBM, sedangkan pada rem depan berbentuk cakram dengan knalpot lurus beremblem tulisan Impulse yang iconic.

Mesin berwarna silver, karburator berada didalam blok sebelah kanan atau tersembunyi, mengurangi kesan gagah dan ada resiko mati saat melalui jalanan banjir.

Secara garis besar desain bentuknya hampir mirip Yamaha RX King, karena memang pada masa itu sedang trend model ini.

Spesifikasi mesin TRS 118 dan 125

Motor 2 tak ini tersedia dalam dua versi yaitu TRS yang berkapasitas 118 cc dan TRZ 123 cc, keduanya dibekali mesin 1 silinder.

Bore 56.0 x Stroke 50.0 dengan karburator serta Rotary valve dan pendingin udara, persnelingnya manual 5 percepatan yaitu 1-N-2-3-4-5.

TRZ memiliki Power Max 15HP @8.500rpm serta Torsi Max 12,7Nm @7.500rpm.

Suzuki TRZ Katana 123 cc beredar hingga tahun 1986, sedangkan TRS 118 cukup lama masa edarnya hingga sekitar tahun 1994 an.

Penutup

Demikian artikel dari ngadriyanto.com mengenai Suzuki TRS.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

  • berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Suzuki TRS"