Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yamaha Jupiter MX 135

Yamaha Jupiter MX 135

Yamaha Jupiter MX 135 adalah varian sepeda motor bebek dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan mesin 135 cc.

Yamaha Jupiter MX 135

Sepeda Motor ini pernah sukses merebut hati konsumen motor bebek Yamaha di Indonesia.

Motor Bebek Sport produksi dari Yamaha Indonesia Motor Mfg ini memiliki desain Racy dan mesin terbaru dimana Pabrikan lain belum memiliki Produk serupa pada masanya.

Motor ini sempat merajai aspal Indonesia karena desain yang Sporty dan Futuristik, yang dipadukan dengan mesin generasi terbaru dengan teknologi diatas kompetitor saat itu.

Di indonesia, Jupiter MX 135 hadir dalam 2 generasi yang kemudian stop produksi dan digantikan oleh Jupiter MX 150 dan MX King.

Jupiter MX 135 Pertama 2005 – 2011

Yamaha meluncurkan Jupiter MX 135 pada tahun 2005 yang mengisi segmen Bebek Sport dengan desain dan mesin yang Sporty.

Pada saat itu, yamaha sedang laris-larisnya jualan motor Bebek terutama Jupiter Z dan Vega R yang identik dengan image motor kencang.

Hadir dengan desain fresh dan bermesin tegak, Jupiter MX langsung meledak dipasaran, terutama di kalangan anak muda.

Ditambah lagi dengan promosi yang menggandeng Valentino Rossi sebagai Brand Ambasador saat Rossi mash dalam masa kejayaan di ajang Balap Moto GP.

Hadir pertama kali dengan Velg jari-jari, kemudian ditahun yang sama menambahkan refresh Striping dan varian Velg Racing atau CW.

Jupiter MX mengusung desain bergaris tajam disetiap lekukan Bodynya, Headlamp di batok utama, lampu sein ditebeng dan sayap 3 dimensi.

Spakbor depan menyatu ditabung Shock, Knalpot Sporty bercover, Footstep belakang gantung, Shock belakang mono, rem depan cakram belakang tromol.

Blok mesin motor ini terlihat kekar, senada dengan desain yang menambah kesan gahar yang tak dimiliki kompetitor saat itu.

Mesin Jupiter MX gen 1

Jupiter MX gen 1 ini dibekali mesin 1 silinder 4 langkah SOHC 4 Valve berkapasitas 135cc dengan Karburator berpendingin cairan.

Memiliki Power Max 8,45KW @8.500rpm serta Torsi Max 11,65Nm @5.500rpm, yang disalurkan melalui gearbox 4-Speed N-1-2-3-4 kopling otomatis dan Kopling Manual 1-N-2-3-4.

Masa edar motor ini dimulai dari tahun 2005 hingga 2011 atau sekitar 6 tahun kemudian yang digantikan generasi terbarunya dengan desain yang lebih keren.

Mesin Jupiter MX juga dikembangkan sebagai basis untuk Yamaha Vixion 150 yang berhasil beregenerasi sampai sekarang dan menjadi banyak varian.

All New Jupiter MX 135 Generasi ke-2 tahun 2010 - 2015

Pada tahun 2011, Yamaha melakukan perubahan total atau All New pada Jupiter MX menjadi lebih baik.

Desain tidak lagi Boxy tapi perpaduan Shape tajam dan lengkung yang lebih luwes, tebengnya neruncing dengan sein sipit yang intimidatif.

Cluster spedometer membulat, Sayapnya 3 dimensi lebar dengan kisi kisi bagian atas dan bawah, knalpotnya model baru dan lebih besar.

Buntutnya meruncing, ada Spakbor kolong, Velg Racing palang 5, ukuran ban besar dan Rem sudah Double disc.

Desain Blok mesin pun berubah menjadi lebih padat dan kekar mengikuti desain Bodynya.

Secara keseluruhan, dimensi All New Jupiter MX 135 terlihat lebih besar, lebih gagah dan padat dengan aura Racy yang cukup kental.

Mesin Jupiter MX gen 2

Masih mengusung Mesin 1-silinder 4-langkah SOHC 4-Valve berkapasitas 134,4(135)cc dengan karburator berpendingin cairan, tapi Power dan Torsinya naik.

Menjadi Power Max 9,21KW @8.500rpm serta Torsi Max 12,14Nm @6.000rpm, Transmisinya juga berubah menjadi 5-Speed kopling Otomatis dan Manual.

Generasi kedua Jupiter MX 135 ini beredar mulai dari 2011 sampai 2015 atau 4 tahun saja, jadi tergolong singkat.

Karena digantikan oleh Jupiter MX 150 serta MX King 150 sebagai varian tertingginya.

Penutup

Demikian artikel dari ngadriyanto.com mengenai Yamaha Jupiter MX 135.

Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain :

Sumber referensi :

  • berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Yamaha Jupiter MX 135"